laman

Jumat, 30 Mei 2014

Menyambut Rombongan Tamu dari Pemprov. DKI Jakarta

         Hari Jumat sore, saat ada rapat yang membahas persiapan menghadapi penjurian Lingkungan BERSERI yang akan diikuti Kelurahan Semolowaru pada Hari Rabu juga membahas rencana kunjungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 60 orang. Rencananya, setelah tamu menginjakkan kaki di Bandara Udara Juanda, langsung diajak makan pagi dengan menu khas Surabaya yang tempatnya berada di sekitar Kelurahan Semolowaru, kemudian menuju ke aula Kelurahan Semolowaru untuk mendengarkan pemaparan Lurah Semolowaru yaitu Bapak Sumali, SH,. MM tentang potensi yang dimiliki Kelurahan Semolowaru sehingga bisa menjadi Juara Nasional Lomba Kelurahan Gotong - Royong. Setelah acara ramah tamah di Kelurahan Semolowaru, dilanjutkan tinjauan lapangan yaitu di RW 05 Semolowaru Bahari karena disana ada hamparan sawah dan penghijauan juga lokasinya sangat memadai untuk diadakan bazar dan gelar produk UKM se Kelurahan Semolowaru, juga disediakan makanan khas Surabaya secara gratis tapi dikhususkan untuk para tamu dari Jakarta. Tenda - tenda dari Dinas Pertanian Kota Surabaya sudah disiapkan dan siap dipasang di lokasi yang sudah ditentukan panitia. Tenda tersebut akan ditempati oleh UKM makanan dan minuman juga UKM kerajinan daur ulang dan handycraft. Ketika tamu tiba di Semolowaru Bahari ada penyambutan Hadrah dan 2 cucuk lampah yang dirias beraneka sayuran dan berdandan heboh sedangkan untuk suguhan para tamu akan disajikan beberapa menu khas Surabaya yaitu bakso rumput laut, rujak uleg, lontong balap, dan lain - lain.
          Kelompok Tani Elok Mekar Sari, ikut mengisi bazar dengan membawa tenda, meja dan kursi sendiri karena ada kebanggaan serta kepuasan tersendiri bila kami bisa ikut bazar dengan mandiri karena tenda tersebut dibeli dari Kas Kelompok Tani Elok Mekar Sari yang banyak terisi dari hasil kami mengikuti bazar ataupun gelar produk. Dalam acara ini, kami menampilkan produk unggulan kami, baik yang segar ataupun hasil olahannya. Misalnya : budidaya jamur menampilkan baglog jamur yang mekar, jamur mentah juga sate jamurnya yang laris manis bak kacang goreng. Budidaya jamur merupakan primadona dalam bazar kali ini, banyak tamu dari Jakarta yang tertarik menanyakan cara budidaya jamur di kota yang panas ini tapi jamurnya tetap bisa mekar dengan indahnya, mereka sebetulnya sangat ingin melihat rumah jamur kami beserta cara perawatannya dan cara memetik jamur yang sudah waktunya dipanen. Apalagi ketika saya ceritakan sekarang lagi masanya panen sehingga setiap hari panen dipagi dan sore hari sehingga membuat mereka tambah penasaran namun dengan sangat menyesal kami tidak bisa membawa mereka ke tempat budidaya jamur kami karena tidak ada jadwal untuk ke tempat kami juga tempatnya lumayan jauh dari Semolowaru Bahari padahal kunjungan mereka, waktunya sangat terbatas sebab mereka akan ke Batu, Malang. Sambil bercerita seputar budidaya jamur, mereka kami tawari untuk mengambil dan mencicipi sate jamur buatan ibu - ibu Kelompok Tani Elok Mekar Sari. Penyuluh Pertanian kami juga banyak mendapat pertanyaan - pertanyaan seputar budidaya yang kami lakukan. Bukan hanya jamur yang laris manis dipadati pengunjung, bakso rumput laut dan es teh termasuk produk yang paling diminati orang sampai kehabisan dan tak bersisa sedikitpun.
          Ternyata budidaya apapun sangat menarik perhatian tamu dari Jakarta, baik yang dulu dari Dharma Wanita Persatuan Pusat ataupun yang sekarang dari pemerintah provinsi DKI Jakarta, terutama budidaya jamur karena setahu mereka hanya bisa tumbuh didaerah yang berhawa dingin seperti di daerah Puncak dan ketika di Surabaya ada yang bisa berhasil budidaya jamurnya, mereka sangat takjub dan penasaran sekali. Apalagi ada olahan yang dianggap masih aneh, seperti peyek jangkrik yang ternyata malah dibeli dan disukai.

                                             Persiapan Membuat Sate Jamur
                                                      Pasang Tenda Sendiri
Ketika Acara Berlangsung
                                          Usai Acara, Saatnya Semua Berkemas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar