laman

Minggu, 03 Agustus 2014

Kuliah Kerja Mahasiswa Universitas Narotama

        Selama bulan Juli ini, ada yang berbeda di tempat tinggal kami karena ada lalu lalang mahasiswa berjaket biru yang sedang melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa di UKM Elok Mekar Sari. Mereka berenam berasal dari Universitas Narotama Surabaya dan selama sebulan ini akan ikut terjun langsung membantu kegiatan ibu - ibu juga sekaligus belajar membuat olahan tahu bakso dan sate jamur. Dua produk olahan ini, memang andalan kelompok kami, misalnya produk tahu bakso ikan buatan Bu Sonya Meri Lilo adalah penerima bantuan modal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2014 sedangkan sate jamur yang jamurnya dari hasil budidaya kami sendiri sudah mempunyai pemasaran yang luas bahkan sudah masuk ke Dinas - Dinas baik di tingkat Kota Surabaya juga tingkat Propinsi Jawa Timur.
        Dalam belajar membuat olahan tahu bakso, mereka mulai dari awal yaitu mulai mempelajari resep, pemilihan dan belanja bahan sampai ikut menggiling daging ke pasar semolowaru. Juga waktu menggunting tahu yang sudah digoreng kemudian mengisi adonan daging ke dalam tahu kemudian mengukusnya sampai mengemasnya. Begitu tahu bakso sudah selesai dikukus, semua berebutan mencicipi tahu bakso kukus yang baru selesai dibuat bersama karena didorong rasa penasaran yang tinggi sehingga walau masih terasa panas, kami langsung mencomot dan menggigitnya.
        Sedangkan untuk sate jamur, mereka mempraktekkannya mulai dari awal yaitu saat menusuk jamur, memberi bumbu, membakar sate, mengemasnya sampai ikut menjualnya dalam berbagai bazar yang diikuti UKM Elok Mekar Sari. Dengan kehadiran para mahasiswa Universitas Narotama di tempat kami, kami merasa sangat terbantu dan bisa menambah semangat kerja ibu - ibu yang terkadang menurun disaat rasa capek dan jenuh melanda tapi melihat para mahasiswa bersemangat membantu kami, kamipun menjadi terpacu kembali. Apalagi ada mahasiswa dari Timor Leste yaitu Mas Abriel dan Mas Ivan yang keberadaannya menambah kelompok kami semakin berwarna karena ada saja cerita segar dan bahasa yang lucu dilontarkan mereka. Kamipun selalu terbuka dan berusaha membantu yang diperlukan tamu, bila ada kunjungan ke Kelompok Tani Elok Mekar Sari.
         Bila ada pertemuan, pasti ada perpisahan karena tak terasa KKM telah berakhir, waktu seakan cepat bergulir sedangkan kami sudah seperti teman dan keluarga sendiri, kami merasa sedih dan kehilangan kebersamaan yang biasa kami jalani. Seolah tak mau begitu saja kehilangan mereka, akhirnya saya juga mengundang mereka saat ada peringatan Agustusan di tempat kami. Walaupun KKM mereka sudah selesai, mereka tetap membantu pelaksanaan acara bahkan mengisi acara pesan dan kesan selama mengikuti KKM disini. Saya sangat terharu dan bangga sekali pada mereka karena sambil memperkenalkan diri kepada warga sekitar tentang keberadaan mereka juga ucapan terima kasih mereka karena telah diterima untuk membantu dan belajar di UKM Elok Mekar Sari sekaligus mereka pamit karena KKM yang mereka jalani sudah berakhir. Mereka memang generasi muda yang sangat membanggakan. Dan yang jelas dengan mendengarkan sendiri sambutan mahasiswa, seluruh warga jadi mengetahui bahwa di RW 08 Kelurahan Semolowaru ada UKM yang sudah diakui dan dikenal keberadaannya di Kota Surabaya tercinta ini.  
         Inilah beberapa potret kegiatan dan kebersamaan kami bersama KKM Universitas Narotama, yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

                                           Perkenalan Saat Kunjungan Pertama
1. Kerajinan Daur Ulang dari Koran Bekas dan Olahan Tahu Bakso dari Bu Sonya Meri Lilo
2. Kerajinan Daur Ulang dari Sak Semen oleh Bu Ermien Setyowati
                                                      Belajar Membuat Tahu Bakso
Tahu Bakso yang Sudah Dikukus dan Siap Dicicipi
Belajar Menusuk Sate Jamur
Ketika KKM Universitas Narotama Mengikuti Kegiatan UKM Elok Mekar Sari
1. Bazar Ramadan di Keputih
2. Bazar Ramadan di depan Masjid Al Quddus, Semolowaru Elok
3. Buka Puasa Bersama di rumah Bapak Eddy
4. Bazar Ramadan Telah Usai Sekaligus Buka Puasa Bersama di Lokasi 
 
5. Bersih - Bersih 
6. Ikut Acara Agustusan di RT 02 RW 08 Semolowaru



Tidak ada komentar:

Posting Komentar