laman

Kamis, 17 Juli 2014

Kelompok Pengolah & Pemasar Hasil Perikanan (P2HP)

             Di Kelompok Tani Elok Mekar Sari ada sub kelompok baru yang khusus membuat olahan dari hasil perikanan. Nama kelompok ini adalah Kelompok Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan ( Poklahsar ) Elok Mekar Sari yang beranggotakan : Bu Sonya Meri Lilo ( Ketua ), Bu Ely Amalia ( Sekretaris ), Bu I G A Rai Rusmini ( Bendahara ), Bu Mukhtamaroh ( Anggota ), Bu Siti Tri Mulyani ( Anggota ), Bu Rini Ariyanti ( Anggota ), Bu Tatik ( Anggota ). Kelompok ini terbentuk setelah ditetapkannya kelompok kami sebagai calon penerima bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2014 dengan produk unggulan Tahu Baso Ikan buatan Bu Sonya Meri Lilo. Walaupun di kelompok kami ada beberapa macam produk olahan hasil perikanan yang diantaranya nugget lele, nugget dory, abon lele, bakso rumput laut, coklat rumput laut, minuman rumput laut dan sumpia ikan tapi yang diunggulkan adalah tahu baso ikan karena pemasarannya sudah luas bahkan sudah bermitra sehingga bisa terpilih untuk mendapatkan bantuan tersebut. Di Surabaya tahun ini yang akan mendapatkan bantuan ada 4 kelompok dan setelah menerima bantuan harus bisa mengembangkan usahanya. Bantuan tersebut akan dibelanjakan berupa alat - alat produksi untuk pembuatan Tahu Baso Ikan.
              Karena banyak hal yang harus diputuskan berdasarkan kesepakatan anggota maka beberapa kali diadakan rapat intern poklahsar, diantaranya tentang pemilihan alat - alat produksi yang akan dibeli, penempatan alat, pembayaran listriknya, cara produksinya dan pemasarannya juga yang tak kalah penting adalah menjaga kekompakan kelompok. Pendampingan seputar bantuan tersebut akan dilakukan oleh Mbak Diah sebagai PPTK Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat.

                                      Tahu Baso Ikan Buatan Bu Sonya Meri Lilo
Diskusi Poklahsar yang Pertama tentang Pentingnya Kekompakan Kelompok yang dipimpin oleh Bu Nani Sri Hestuti, A. Pi ( Penyuluh Pertanian Kecamatan Sukolilo ) dan Mbak Diah dari PPTK Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat. 
Diskusi Poklahsar yang Kedua tentang Pemilihan Alat - Alat yang Dibutuhkan Untuk Mengolah Tahu Baso Ikan dan Rencana Penempatan Alat Tersebut Nantinya dengan didampingi oleh Penyuluh Pertanian Kecamatan Sukolilo yaitu Mas Andri Ruswahono dan Mbak Diah dari PPTK Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar